Ragam Teknik Budidaya Ikan untuk Bisnis

Budidaya ikan atau ternak ikan merupakan bentuk akuakultur. Tindakan budidaya ikan adalah tentang membangkitkan ikan secara komersial di dalam tangki atau selungkup untuk konsumsi masyarakat. Ada berbagai jenis teknik peternakan ikan yang menggunakan berbagai metode akuakultur.

Sistem Kandang Budidaya Ikan

Metode pertama adalah sistem kandang yang menggunakan kandang yang ditempatkan di danau, kolam dan samudera yang berisi ikan. Metode ini juga banyak disebut sebagai budidaya lepas pantai. Ikan disimpan di kandang seperti struktur dan diberi makan secara artifisial dan dipanen.

Teknik Budidaya Ikan untuk Bisnis

Metode sangkar peternakan ikan telah menghasilkan banyak kemajuan teknologi selama bertahun-tahun, terutama dengan mengurangi penyakit dan masalah lingkungan. Namun, perhatian nomor satu dari metode kandang adalah ikan yang melarikan diri dan lepas dari populasi ikan liar.

Sistem Kolam untuk budidaya ikan

Metode kedua adalah saluran irigasi atau sistem tambak untuk meningkatkan ikan, termasuk untuk budidaya ikan gurami. Persyaratan dasar untuk metode ini adalah memiliki selokan atau kolam yang menampung air. Ini adalah sistem yang unik karena pada tingkat yang kecil, ikan diberi makan secara artifisial dan limbah yang dihasilkan dari ikan tersebut kemudian digunakan untuk menyuburkan lahan petani. Pada skala yang lebih besar, kebanyakan di kolam, kolam itu mandiri karena menanam tanaman dan ganggang untuk makanan ikan.

Metode ketiga budidaya ikan disebut budidaya ikan komposit yang merupakan jenis budidaya ikan yang memungkinkan kedua spesies ikan lokal dan spesies ikan impor berdampingan di kolam yang sama. Jumlah spesies tergantung, tapi kadang-kadang ke atas dari enam spesies ikan di kolam tunggal. Spesies ikan selalu dipilih dengan cermat untuk memastikan bahwa spesies dapat hidup berdampingan dan mengurangi persaingan untuk mendapatkan makanan.

Budidaya Ikan Sistem daur ulang terpadu

Metode keempat budidaya ikan disebut sistem daur ulang terpadu yang dianggap sebagai metode perikanan ikan “murni” berskala terbesar. Pendekatan ini menggunakan tangki plastik besar yang ditempatkan di dalam rumah kaca. Ada tempat tidur hidroponik yang ditempatkan di dekat tangki plastik. Bandingkan dengan cara¬†budidaya udang vaname.

Air di tangki plastik disirkulasikan ke tempat tidur hidroponik, dimana limbah pakan ikan digunakan untuk memberi nutrisi pada tanaman tanaman yang ditanam di tempat tidur hidroponik. Mayoritas jenis tanaman yang tumbuh di tempat tidur hidroponik adalah tumbuhan seperti peterseli dan kemangi.


Tinggalkan Balasan