Sejarah Perkembangan Musik Jazz

Jazz yaitu type musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, serta musik Eropa, terlebih musik band. Sebagian subgenre jazz yaitu Dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, serta CafJazz. Jazz yaitu aliran musik yang datang dari Amerika Serikat pada awal era ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika serta Eropa. Musik jazz banyak memakai instrumen gitar, trombon, piano, terompet, serta saksofon. Satu diantara elemen perlu dalam jazz yaitu sinkopasi. kata “jazz” datang dari satu arti vulgar yang dipakai untuk tindakan seksual. Beberapa irama dalam musik jazz sempat diasumsikan dengan bebrapa tempat tinggal bordil serta perempuan-perempuan dengan reputasi yang kurang baik. Dalam perjalanannya lalu, jazz pada akhirnya jadi bentuk seni musik, baik dalam komposisi spesifik ataupun improvisasi, yang merefleksikan melodi-melodi dengan spontan. Musisi jazz umumnya mengekspresikan perasaannya yang tidak gampang diterangkan, karna musik ini mesti dirasa dalam hati. “Kalau kau menanyakannya, kau tidak juga akan sempat tahu” demikian menurut Louis Armstrong.

jazz musik
Legenda jazz diawali di New Orleans serta berkembang ke Sungai Mississippi, Memphis, St. Louis, serta pada akhirnya Chicago. Sudah pasti musik jazz di pengaruhi oleh musik yang berada di New Orleans, tribal drums Afrika serta susunan musik ala Eropa. Latar belakang jazz tidak bisa dilepaskan dari kenyataan dimana jazz di pengaruhi beragam musik seperti musik spiritual, cakewalks, ragtime serta blues. Satu diantara legenda jazz yang diakui kalau sekitaran 1891, seseorang yang memiliki kedai cukur rambut di New Orleans bernama Buddy Bolden meniup cornet-nya serta waktu itu lah musik jazz diawali jadi dobrakan baru didunia musik. 1/2 era lalu, musik jazz di Amerika berikan banyak peran didunia musik, dipelajari di kampus, serta pada akhirnya jadi satu aliran musik yang serius serta dihitung.

Musik jazz jadi seni yang popular mulai menebar ke nyaris semuanya orang-orang Amerika pada th. 1920-an (di kenal jadi Jazz Age). Jazz makin ramai di masa swing pada akhir 1930-an, serta menjangkau puncaknya diakhir 1950-an jadi jazz modern. Dimuka th. 20-an serta 30-an, “jazz” sudah jadi satu kata yang di kenal umum.
Dampak serta perubahan musik blues tidak bisa ditinggalkan waktu mengulas musik jazz di beberapa th. awal perubahannya. Ekspresi yang memancar waktu memainkan musik blues sangat cocok dengan gaya musik jazz. Kekuatan untuk memainkan musik blues jadi standard untuk semuanya musisi jazz, terlebih untuk dipakai dalam berimprovisasi serta ber-jam sesi. Musik blues sendiri, yang datang dari daerah Selatan, mempunyai histori yang begitu luas. Pemain musik blues umumnya memakai gitar, piano, harmonika, atau bermain dengan dalam grup yang memainkan alat-alat musik buatan sendiri.

Histori serta perubahan musik jazz, dibagi dalam sebagian fase/masa. Dari fase Dixieland serta Ragtime awal mulanya, lalu masa swing serta bigband (1930-1940), masa bebop (pertengahan 1940), latin jazz (1950-1960an), jazz rock atau fusion (1970-an) serta perubahan paling akhir yang melahirkan fase serta masa baru seperti acid jazz, funk jazz, cross music dsb. Masa Dixieland serta Ragtime
Ragtime jadi unik karna tidak memasukkan improvisasi serta udara blues. Hal semacam ini yaitu satu dampak dari bentuk asal jazz, berjalan sepanjang sekitaran 15 th. pertama di era 20. Biasanya satu musik untuk piano yang sudah ditulis keseluruhannya bisa dipertunjukkan oleh orkestra serta mewakilkan kombinasi dari dampak classic serta marching band. Cobalah Anda dengarkan musik dari Scott Joplin untuk mencicipi ragtime.

Dixieland yaitu satu model yang bisa dipandang jadi satu varian dari jazz classic serta jazz New Orleans. Akar asli dari dixieland jadi bentuk musikal bersumber dari scene musik Chicago pada th. 1920-an. Pionir dari dixieland model mencakup gitaris Eddie Condon, saxophonist Bud Freeman, serta trumpeter Jimmy McPartland.

Gaya dixieland melibatkan improvisasi kolektif dalam chorus pertama, dengan beberapa musisi masuk solo dengan riffing dari alat musik tiup, dibarengi oleh closing ensemble, umumnya drummer memainkan 4-bar tag yang disudahi oleh keseluruhnya band. Tidak seperti gaya-gaya musik jazz yang beda, set lagu untuk musisi dixieland agak terbatas, tetapi tawarkan macam yang tanpa ada akhir dalam jenis nada, diperkembang sekitaran 1910-an.

Bersamaan dengan mengembangnya ragtime, New Orleans jazz keluar dalam scene musik jazz sepanjang 2 dekade pertama di era 20. Dipandang jadi satu model jazz pertama, yakni dari 1895 dengan musik Buddy Bolden, Kid Ory, serta Jelly Roll Morton di Storyville, New Orleans, hingga mendekati 1917. New Orleans jazz sudah jadi tidak fit untuk marching brass band. Ada dokumentasi New Orleans jazz pertama dari The Original Dixieland Jass Band di th. 1917 hingga 1920-an, saat tehnologi rekaman sudah berkembang.

Musik ini berkembang mencakup pemain trumpet serta cornet, seperti Joe Oliver serta Louis Armstrong, dipertunjukkan jadi satu gaya yang bertujuan pada ensemble, dengan pemain trumpet memainkan melodi, serasi serta countermelodi datang dari pemain trombon serta/atau clarinet. Seksi rhythm berkembang jadi satu banjo ensemble, drum, tuba atau bass, serta piano. Keseluruhannya, point perlu dalam New Orleans jazz yaitu untuk mengutamakan satu ensemble dari pada solo. Musik ini berlanjut memperlebar sayapnya sepanjang masa 1920-an, serta mulai disaingi oleh lahirnya musik swing yang pada akhirnya juga akan menukar type musik ini. Dixieland model, yang tumbuh bersama-sama, melindungi susunan basic dari New Orleans jazz.

Masa swing serta bigband

Duke Ellington Big Band Sekitaran th. 1920 serta awal th. 1930, dansa filip adalah dansa yang begitu popular di saat itu. Melodi yang menemani dansa ini mesti lembut serta romantis, umumnya di temani oleh satu orkestra. Orkestra tersebut di mainkan sesuai sama apa yang dituliskan di satu kertas serta penyanyinya mesti menyanyikan dengan begitu lembut serta perlahan (umumnya penyanyinya menggunakan nada tenor). Lantas music swing makin lama meninggalkan orkestra string serta pilih untuk menggunakan yang lebih gampang, satu aransemen yang lebih “seru” yang hasilkan nada terompet serta instrumen yang menggunakan angin serta mengimprovisasi melodi.

Louis Armstrong tawarkan pojok pandang yang berlainan dalam histori swing, ditayangkan dengan mendunia oleh satu acara di stasiun radio Bing Crosby. Crosby berkata, “kami mengenalkan pada anda seseorang yang yaitu master dari swing serta saya juga akan memohon tolong padanya untuk berikan keterangan pada anda mengenai apakah itu musik swing. Lantas sebagian waktu louis menerangkan, “ow, musik swing, ya kami semuanya mengatakannya ragtime, lantas blues, lantas jazz. Serta saat ini dimaksud swing. ”

Pada th. 1930an adalah kelahiran musik swing. Dampak yang baru ini semakin bagus dibanding pada th. 1920an, namun bila di tanya tentang musiknya, pasti buat kebanyakan orang yang mendengarnya terasanya menginginkan berdansa swing. Beberapa besar grup band yang beraliran jazz mengambil model ini dimuka th. 1930, namun band yang bermain “manis” tetaplah jadi band yang terpopuler di kelompok penari kulit putih hingga seorang bernama Benny Goodman keluar di Ballroom Palomar pada bulan agustus 1955 dengan musiknya yang lebih “hot”.

Beberapa pemirsa dari penari muda kulit putih begitu suka pada Ritme “hot” Goodman serta komposisi musik swingnya. Hot swing serta Boogie Woogie jadi bentuk yang menguasai dari musik amerika untuk sepuluh th. ke depan. Lantas banyak bermunculan sesudah swing ini jadi popular. Jadi contoh Bing Crosby serta Frank Sinatra menggunakan band swing untuk memberi dampak yang begitu bagus dalam musiknya serta tetaplah menjaga hal semacam ini jadi musik yang popular walau sudah tiba waktunya masa rock n roll.

Masa Bebop

Miles DavisBebop yaitu satu diantara aliran music jazz yang memiliki karakter unik berbentuk tempo yang amat cepat dengan memprioritaskan improvisasi pada susunan serasi dari pada improvisasi pada melodi. Musik bebop diperkembang di pertengahan 1940an serta mulai dimainkan musisi populer dalam 2 th. pertama di perang dunia II.

Pada masa th. 1940an, beberapa pengagum jazz mulai meninggalkan music swing th. 30an. Beberapa musisi papan atas seperti Dizzy Gillespie, Bud Powell, Charlie Parker, serta Thelonious Monk yang begitu di inspirasi dari generasi terlebih dulu seperti Art Tatum, Ear hines, Coleman Hawkins, Lester Young, dan Roy Eldridge.

Bebop melukiskan perubahan mencolok dari music jazz masa swing dengan ciri-khas yang telah diterangkan di atas, tempo cepat, phrase yang asimetrik, melodi yang penuh dengan intrik, serta ritme yang betul-betul dirubah dengan drastic. Bebop seringkali terlihat jadi music yang nervous serta seringkali terputus serta terdiri. Namun untuk nyaris semuanya pemusik jazz dan peminat jazz di semua dunia, masa music bebop disadari jadi revolusi music jazz yang paling menarik serta indah.

Kebebasan yang di tawarkan music bebop dalam susunan musiknya betul-betul menentang kaedah music swing yang lebih ke arah aransemen music untuk orchestra atau band. Dalam music bebop, anda juga akan temukan banyak improvisasi perorangan dalam permainan chord serta alat musiknya. Bahkan juga saat beberapa musisi jazz telah terikut music mereka, jazz bebop juga akan memberi anda satu improvisasi yang berbentuk spontan di mana beberapa musisi bahkan juga mungking akan tidak dapat mengulang improvisasi mereka dari pertama sampai akhir. Di sini yaitu ketidaksamaan terbesar dari music bebop apabila dibanding dengan music swing. Menambahkan kompleksitas dari melody yang dimainkan juga adalah trend baru yang ada dalam jazz masa bebop.

Pada umumnya permainan jazz bebop, terdapat banyak instrument yang umum dipakai. Instrumen-instrumen itu yaitu saxophone, terompet, drum, bass, dan piano. Format awal dari jazz bebop ini dipopulerkan pleh duet Charlie Parker serta Dizzy Gillespie pada th. 1940an. Permainan group yang digawangi oleh Charlie Parker serta Dizzy Gillespie juga seringkali sekali memberikan saxophone, gitar, trombone, atau biola dalam komposisi jazz bebop mereka. Walau cuma jadi satu diantara aliran music jazz, sampai sekarang ini jazz bebop masih tetap dimainkan di semua dunia. Keunikan berbentuk substitusi serasi yang begitu kompleks dan improvisasi yang begitu bebas jadi kegemaran dari banyak musisi jazz. Dalam semuanya pendidikan jazz, aliran dari jazz bebop ini bisa jadi satu diantara alternative untuk mengekspresikan diri.

Musik Bebop terbaik dimainkan dalam format small-group ; quartets serta quintets dapat dibuktikan baik dengan argumen ekonomis serta artistik. Musik ini berkembang di lingkungan klab-klab jazz perkotaan, di mana pemirsa lebih pilih datang untuk dengarkan permainan solo daripada untuk berdansa disertai lagu favorite mereka. Singkatnya, musisi bebop jadikan jazz satu bentuk seni yang bukan sekedar diperuntukkan untuk rasa, tetapi juga kecerdasan intelektual.

Bintang-bintang jazz bermunculan di masa bebop, di antara mereka yaitu trumpeters Clifford Brown, Freddie Hubbard serta Miles Davis, saxophonists Dexter Gordon, Art Pepper, Johnny Griffin, Pepper Adams, Sonny Stitt serta John Coltrane, serta trombonist J. J. Johnson.

Di masa 1950-an serta 1960-an, bebop alami sebagian mutasi : hard-bop, West Coast, cool-jazz serta soul jazz salah satunya. Format small-group dari bebop, yakni satu sampai tiga horns, piano, bass serta drums, tetaplah jadi standar combo instrumentasi jazz hingga hari ini.


Tinggalkan Balasan