Cetak Undangan Pernikahan Sendiri untuk Menghemat Anggaran Pernikahan

Menyelenggarakan acara resepsi pernikahan bukan hanya mempersiapkan tenaga, wakt dan pikiran saja, tetapi yang juga lebih penting yaitu mempersiapkan anggaran atau biaya untuk kebetuhan belanja penyelenggaraan resepsi pernikahan. Bagi yang punya banyak dana menyelenggarakan pesta persiapan dengan cara yang praktis seperti menyewa wedding organizer, sewa gedung yang bagus, beli souvenir dan kartu undangan pernikahan di vendor akan tidak menjadi masalah, namun hal ini akan menjadi masalah bagi yang memiliki dana atau anggaran terbatas. Menggunakan jasa vendor wedding yang menyediakan undangan dan souvenir memang bisa sangat mempermudah, tapi akan memakan biaya tambahan yang sedianya bisa dialokasikan untuk pos-pos penting lainnya. Bagi anda yang memiliki anggaran terbatas, sebenarnya ada beberapa pos yang bisa dihemat, salah satunya adalah pada anggaran undangan pernikahan. Lalu bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan membuat undangan pernikahan sendiri. Mungkin hal ini terdengar sangat merepotkan, khususnya bagi calon pengantin yang masih asing dengan prosedur cetak mencetak. Melalui artikel ini, kami ingin menjelaskan bagaimana cara membuat atau mencetak undangan pernikahan sendiri

mencetak undangan pernikahan sendiri

Mewujudkan pernikahan yang mewah, eklusif dan berkesan adalah dambaan dari setiap calon mempelai, namun yang perlu di garis bawahi adalah acara resepsi pernikahan hanyalah prosesi seremonial belaka, justru yang paling penting adalah saat atau setelah pernikahan berlangsung seperti bagaimana menjaga keutuhan rumah tangga, setia sehidup semati dan keharmonisan dalam berumah tangga. Ironisnya ternyata masih banyak juga calon pengantin yang memaksakan diri menyelenggarakan acara pernikahan semewah mungkin walaupun dengan dana dari utang / kredit. Hal ini sebenarnya sangat memprihatinkan dan akan menjadi masalah bagi rumah tangganya setelah pesta pernikahan usai. Tentu anda harus bijak dan jeli untuk bagaimana caranya agar penyelenggaraan resepsi pernikahan bisa dihemat namun acaranya tetap berkesan, yaitu salah satunya dengan cetak undangan pernikahan sendiri

Dengan mencetak undangan pernikahan sendiri, anda bisa menghemat budget yang cukup lumayan sehingga bisa untuk tabung dikemudian hari. Sekedar informasi, para vendor undangan pernikahan atau souvenir mereka mengambil keuntungan 30 hingga 70%, maka dengan demikian dengan anda membuat undangan sendiri berarti anda bisa menghemat 30-70% dari harga undangan dari vendor, cukup lumayan bukan? Selain itu dengan mencetak undangan pernikahan sendiri, anda akan punya pengalaman dan ilmu baru terkait urusan cetak mencetak. Tidak menutup kemungkian kedepannya nanti bisa membuat usaha percetakan undangan pernikahan sendiri.

Mencari Inspirasi Desain Undangan Pernikahan

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika akan membuat pernikahan adalah anda harus menentukan terlebih desain atau model undangannya.ini bukanlan hal yang sulit, justru bisa jadi hal yang menyenangkan. Dijaman yang sudah moderen ini, anda bisa menggunakan akses internet untuk mencari inspirasi desain undangan pernikahan, anda bisa memasukkan kata kunci seperti undangan pernikahan, desain undangan pernikahan, undanngan pernikahan unik dan lain sebagainya didalam kotak pencarian google. Alhasil akan ada banyak sekali hasil berupa gambar dan keterangan tentang undangan pernikahan. Jangan lupa untuk menyimpan hasil pencarian anda ke kompter atau smartphone anda. Anda juga bisa menggunakan media sosial yang berbasis gambar / foto seperti facebook atau instgram untuk mencari desain undangan pernikahan yang lagi ngetrend yang ditawarkan para vendor percetakan undangan. Selain mencari inspirasi undangan di internet, anda juga bisa melihat kembali undangan-undangan yang sudah pernah anda terima. Dengan mengamati secara langsung, anda akan tahu bagaimana jenis kertasnya, model dan bentuk undangan itu. Hal ini bisa jadi panduan awal anda dalam membuat undangan pernikahan sendiri. Carilah desain yang benar-benar unik, kreatif dan bisa mencerminkan kepribadian anda dan pasangan anda. Tak ada salahnya juga anda bersama dengan pasangan anda atau beserta keluarga menentukan desain undangannya

Memulai Desain Undangan

Setelah anda menemukan desain yang sesuai selera hati anda, langkah berikutnya adalah mendesainnya. Kalau anda bisa mendesain sendiri hal ini tidak menjadi masalah, tapi kalau anda tidak bisa desain dan mengoperasikan program desain seperti coreldraw atau photosop anda jangan bingung. Manfaatkanlah teman anda yang memiliki keahlian dibidang desain grafis, namun kalau anda tidak punya, anda bisa menyewa jasa desain grafis secara online. Di internet tersedia banyak jasa desainer grafis yang bisa anda sewa. Untuk jasa desain grafis sangat bervariasi tergantung mulai Rp. 100.000 hingga satu jutaan tergantung rumit dan tidak nya desain yang anda inginkan. Carilah desainer yang memiliki reputasi baik dan memiliki cukup banyak portofolio. Biasanya para desainer akan memberikan revisi gratis berkali kali tergantung kesepakatan di awal.

Secara umum proses pembuatan / cetak undangan pernikahan sebagai berikut :

Proses cetak undangan :

  • Klien memberikan spesifikasi undangan yang diminta meliputi : jenis kertas, warna, jumlah pesanan dll.
  • Percetakan memberikan detil sesuai permintaan klien berikut harga, jangka waktu pengerjaan.
    Klien menawar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya. Setelah deal, maka masuk pada tahap persetujuan dan kontrak.
  • Divisi Desain/Setting menyiapkan layout, menginput data (foto, illustrasi, logo) yang diperlukan kemudian didesain sesuai permintaan klien atau klien mendesain sendiri.
  • Hasil proofing (cetakan sementara) sebagai patokan hasil yang akan dicetak dberikan kepada klien untuk direvisi. Biasanya klien melakukan beberapa pengecekan, baik dari segi desain maupun isi (misalnya ada yang salah ketik atau salah letak).
  • Klien memberikan koreksi seperlunya. Setelah selesai disetujui oleh klien, percetakan melanjutkan tahap finishing desain (Final Art).
  • Hasil desain (FA) dibuat plat 4 warna (Cyan, Magenta, Yellow, Black) untuk dijadikan master film untuk pencetakan.
  • Tahap pencentakan dimulai dengan mesin cetak 4 warna (Cyan, Magenta, Yellow, Black). Beberapa percetakan juga menyediakan pencetakan lebih dari 4 warna, misalnya dengan tambahan warna khusus (Spot Color) untuk pencetakan logo yang akurat atau tinta tambahan seperti tinta emas dan lainnya.
  • Tahap finishing meliputi : pemotongan, rell ( membuat garis untuk lipatan ), penambahan accecories sesuai permintaan klien seperti penambahan warna emas, doff dll.
  • Tahap pengiriman hasil cetakan ke klien.

Apalagi anda bisa menemukan percetakan yang biasa cetak undangan pernikahan, biasanya percetakan seperti ini juga menyediakan jasa finishing undanganan, dimana undangan pernikahan anda akan langsung dilipat dan diselesaikan langsung sesuai model yang ada bawa. Bayangkan berapa banyak dana yang bisa anda hemat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda, khususnya bagi yang akan segera menikah

 


Tinggalkan Balasan